Berkreasi

Website Artikel

1.       Pengertian Desain Web

Desain web adalah jenis desain grafis yang ditujukan untuk pengembangan dan styling obyek lingkungan informasi Internet untuk menyediakan dengan fitur konsumen high-end dan kualitas estetika.

2.      Fungsi Desain Web
- Meningkatkan harga diri Anda.
Jika Anda mempunyai website, maka Anda mempunyai nilai lebih dari orang lain yang blum punya. Anda selangkah lebih maju dalam kehidupan globalisasi ini. Anda adalah selebritis baru dalam dual dimensi hidup (dunia nyata dan dunia maya). Jika Anda punya perusahaan, dan mempunyai website, maka perusahaan Anda punya potensi terkenal se dunia. Bandingkan dengan yang hanya terkenal di kandang sendiri ? Maka website mampu membuat Anda bernilai/berharga di kandang sendiri maupun ditempat orang lain.
- Menyebarkan ide Anda.
Isi website identik dengan tulisan, gambar, musik, video, dll. Jika Anda mempunyai ide dan disampaikan hanya dengan omongan kepada orang sedunia, maka siap-siap saja ke dokter untuk operasi plastik bibir dan mulut. Ide lebih baik diikatkan dengan tulisan dan dalam bentuk apapun yang bisa ditampilkan dalam media visualisasi, yaitu website. Manusia ditakdirkan sebagai masyarakat sosial yang tidak bisa diam. Tidak bisa diam bila hati ingin bicara, bila hati ingin kekuasaan, bila hati ingin kaya, bila hati ingin mengingatkan sesamanya. Jangkauan penyebaran ide Anda akan sangat terbatas jika mengandalkan mulut, akan mendunia jika menggunakan website. So, jika Anda mempunyai perusahaan ataupun produk yang ingin diperkenalkan ke masyarakat, pilihlah menggunakan sales yang berdasi, berjalan kaki disepanjang jalan untuk bicara dan testing produk kepada masyarakat, maka biaya Anda habis utk menggaji sales yang hanya bisa berjalan 500m per hari. Ataupun iklan di media masa, maka habislah dana Anda akibat arogansi harga iklan. Jika website ? Biaya membuatnya murah, bertarung dengan SEO, nongol di mesin pencari, dan diketahui oleh orang di seluruh dunia. Itulah namanya penyebaran ide.
- Menjualkan ide Anda.
Ide lahir dari pemikiran. Dia adalah hasil karya. Dengan semakin banyak Anda ikatkan dalam tulisan, dibaca oleh jutaan orang, maka ini adalah potensi penglihatan. TV saja dibanjiri iklan, karena dia ditonton orang. Nah, jika website Anda ditonton dan dibaca orang banyak ? Maka posisi website = TV. Anda bisa memasang iklan komersial dalam website. Dollar akan mengalir dalam kantong Anda. Ide berhubungan dengan pencerahan. Banyak orang-orang perlu dicerahkan. Siapa tahu Anda diundang dalam acara seminar untuk menjadi pembicara ? Maka Anda dapat honor dengan mudah. Semua hanya diawali dengan menulis. Jika Anda mempunyai perusahaan dan ingin menjual produk, pasang saja di website. Bertarung SEO dalam search engine, dilihat orang seluruh dunia, pasang nomor rekening bank Anda, jika pembeli tertarik, duit mengalir ke rekening, dan Anda mengirim produknya. So easy. Tanpa perlu punya ruko atau toko di pinggir perempatan jalan untuk jualan kan ?. Website adalah Toko Anda.
- Melayani kepuasan para fans Anda.
Saling berbagi informasi adalah hal yang indah. Jika Anda pemilik ide, maka Anda adalah raja bagi para pengikut yang membutuhkannya. Suatu hal yang memuaskan jika Anda mampu memberikan nilai lebih kepada hidup mereka. Para pengikut akan menjadi percaya kepada Anda. Mereka akan berikan apa saja kepada Anda. Ini karena kepuasan dan jasa yang Anda berikan. Jika Anda beragama, maka ini adalah pahala besar, bisa memuaskan orang lain. Ide hebat tertulis dalam website yang terbaca dan mampu memberikan obat kepada para pembaca. Jika Anda punya perusahaan dan memiliki pelanggan, maka dengan kehadiran website, pelanggan akan selalu tahu produk terbaru dan keberadaan Anda dalam hidup mereka.
- Mempunyai potensi teman lebih banyak.
Karena keberadaan website bisa dilihat diseluruh dunia, maka terbuka untuk saling kontak dan berhubungan satu sama lain. Meski pembaca ini jarang ketemu muka langsung dengan Anda, tetapi mereka berbicara secara ‘maya’ kepada Anda, layaknya bicara dengan teman di dunia nyata. Disamping kita punya teman dilingkungan nyata, kitapun terbuka untuk mempunyai teman dari berbagai kota dan manca negara. Jika dikaitkan dengan perusahaan yang mempunyai website, maka Anda mempunyai potensi memiliki pelanggan diseluruh dunia.
3.   Prinsip-Prinsip Membuat Desain Web
  • Pertama adalah Metaphore yaitu dimana merupakan suatu penerapa prinsip-prinsip lama yang akan digunakan untuk menghasilkan sebuah prinsip yang baru.
  • Kedua adalah Clarity yaitu dimana dalam mendesain suatu web harus ada sebuah tujuan tertentu ataupun bisa dibilang kalau harus mempunyai tujuan yang jelas.
  • Ketiga adalah Consistency yaitu konten yang di isi harus mempunyai tema yang konsisten dimana tidak berubah-ubah harus mempunyai satu acuan pokok.
  • Keempat adalah Alignment yaitu merupakan kerapian dari suatu desain web tersebut yang mana tentunya akan mempengaruhi si pembaca dalam menyimak website tersebut bisa dimulai dari bentuk paragraph ataupun tambahan-tambahn gambar yang terdapat di dalam web tersebut.
  • Kelima adalah Proximity yaitu persiapan serta kelengkapan dari suatu website dan juga bisa menyesuaikan dengan tema pembicaraan dengan mempunyai beberapa perangkat pendukung atau item-item yang benar-benar bisa membuat suasana menjadi lebih hidup.
  • Keenam adalah Contrast yaitu masalah tampilan yang harus memberikan kesan yang nyaman untuk pengguna atau pengunjung website tersebut.

4.   Kriteria situs web yang baik
Menurut CNET/Builder ada 7 kriteria yang menentukan sebuah website termasuk website yang baik/tidak, yaitu :

1. Usability
Jacob Nielsen sang guru usability, usability adalah ' dapatkah seorang user menemukan cara untuk menggunakan website tersebut dengan efektif ( doing things right ). Masih menurut Jacob, usability memiliki 5 karakteristik :
- Mudah untuk dipelajari;
- Efisien untuk digunakan;
- Mudah untuk diingat;
- Tingkat frekuensi kesalahan;
- Tingkat kepuasan pemakai;
Karakteristik yang telah ditentukan oleh Jacob Nielsen akan sangat sulit kita terapkan 100%, apalagi kalau sudah menyangkut kepentingan klien web, tetapi paling tidak bisa menjadi acuan yang membantu kita untuk merancang layout suatu website, agar website tersebut :
- Mudah dipelajari penggunaannya oleh pengunjung;
- Mudah diingat dan digunakan navigasinya oleh pengunjung;
- Dapat digunakan secara efisien;
- Memperkecil tingkat kesalahan pemakaian oleh pengunjung dalam mengoperasionalkan web;
- Memuaskan pengunjung hingga akhirnya tertarik untuk kembali lagi;
2. Sistem navigasi
Navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung secara keseluruhan.

3. Graphic Design
Pemilihan grafis, layout, warna, bentuk maupun typografi yang menarik visual pengunjung untuk menjelajahi website.

4. Content
Isi/konten yang bermanfaat ( 'Content is king , but without good design , Content is a naked king' ), kecuali website tersebut adalah website eksperimental/show off.
5. Kompatibilitas
Seberapa luas sebuah webite didukung kompabilitas peralatan yang ada, misalnya browser dengan berbagai plug-in nya ( IE, Mozilla, Opera, Netscape, Lynx, Avant, Maxthon dan masih banyak lagi dengan berbagai versi dan plugin nya)
6. Loading time
Waktu panggil (loading time), walaupun ada banyak faktor yang akan mempengaruhi waktu panggil (loading time) website yang akan kita buka, diantaranya: besar bandwith/koneksi pengakses, kondisi webserver pada saat diakses, aplikasi yang digunakan dalam membangun website,dsb. Anda memiliki waktu 8 detik pertama untuk meyakinkan pengunjung untuk meneruskan menjelajahi website anda atau menutup browser dan pergi ke website lain. Oleh karena itu, letakkan 'sesuatu' di 8 detik pertama tersebut yang bisa menarik perhatian pengunjung.
Hint: ukuran sebuah halaman web html dengan image di dalamnya (tanpa flash) adalah kurang lebih 50-60 kb.
7. Functionality
Ini akan melibatkan programmer dengan script-scriptnya, misal PHP,ASP,Java,CGI dsb, untuk menciptakan sebuah website yang dinamis, interaktif dan 'hidup' yang bisa mengajak pengunjung berkomunikasi secara langsung. Seberapa baik sebuah website bekerja dari aspek teknologikal nya.
Satu hal lagi aspek yang tidak boleh kita lupakan adalah accesibility, yaitu memaksimalkan penggunaan sebuah content ketika satu/lebih indera kita dimatikan/dikurangi (khususnya mata), ingat bahwa mungkin saja pengunjung website kita adalah orang yang memiliki kekurangan secara fisik ( Accesibility Checklist Recomendationnya W3C )

5.    Jenis-jenis rancangan website

1. Web Perorangan, yaitu situs yang digunakan untuk menceritakan tentang biografi diri, pengalaman pribadi, dsb (contoh : Blog Pribadi)

2. Web Komersial (Company Profile / Online Shop Website, biasa menggunakan .com, .co.id, dsb), yaitu situs yang dipakai untuk menunjukkan produk dan jasa suatu perusahaan, atau juga dapat melakukan transaksi penjualan online (dengan sistem shopping cart system)

3. Web Pemerintahan (di Indonesia menggunakan .gov.id), situs jenis ini hanya boleh dipakai untuk keperluan website pemerintahan yang resmi.
4. Web Non-Profit (biasanya menggunakan .org, .edu, dll), website jenis-jenis ini biasanya digunakan hanya untuk yayasan, sekolahan, dsb.

Berdasarkan keberadaan content management system (CMS) yang ada padanya :
1. Web Statik (Static Website)
yaitu situs web yang langsung ditulis dalam bentuk HTML dan berbentuk sederhana seperti web design classic, desain website 5 (lima) halaman, website brosur produk dan jasa.

2. Web Dinamis (Dynamic Website)
yaitu situs web yang ditulis dalam bentuk bahasa pemrograman dan database, seperti PHP, ASP, Javascript, Ajax, jQuery, MySQL. Dalam perkembangannya web dinamis menggunakan CMS sebagai back-end untuk administrator web tersebut. Salah satu yang paling terkenal karena sangat SEO Friendly adalah WordPress. Web WordPress sangat handal sekali untuk dipakai sebagai website dinamis karena kecepatan dan struktur front end yang Google Friendly. membuat web dengan wordpress sangat mudah dan cepat untuk dipelajari. Adapun CMS lain adalah Joomla, Drupal, dll.
6.    Macam-macam program web design

Desain Web pada umumnya dibagi menjadi dua bagian. Website statis dan dinamis. 

1. Website Statis
Website ini adalah website yang sudah lampau namun masih banyak juga yang menggunakan.  Website statis tidak memiliki fasilitas interaktif dengan pengunjung dan mempunyai ciri sebagai website presentasi. Ini adalah Website pertama dan pada saat itu hampir di seluruh dunia menggunakannya. Contoh website statis sekarang sudah agak sulit di temui meskipun masih ada.

Website ini bisa dibuat dengan program notepad, microsoft Word, Dreamweaver serta Photoshop.

Website statis ini merupakan jalan pertama untuk sampai pada website dinamis seperti sekarang ini.


2. Website Dinamis
Website dinamis adalah generasi selanjutnya setelah website di atas. Website dinamis mempunyai banyak kelebihan. Wajar saja mempunyai kelebihan dibandingkan dengan website statis karena ini adalah website generasi lanjutan.

Website dinamis biasanya menggunakan file asp atau php dan lain sebagainya. Penggunaan Website dinamis membuka jendela baru bagi pengalaman berselancar di internet, kita bisa melakukan teransaksi online, mendaftar pada suatu situs, melakukan diskusi di forum,  dan lain sebagainya.

Kemudian perkembangan selanjutnya dari website dinamis ini adalah memunculnya beberapa Content Management system yang semakin memudahkan kita untuk membangun Website. Dengan CMS admin Website tidak harus memahami bahasa pemrograman dan hanya menggunakan menu - menu pada halaman admin.

Dari sinilah kemudian muncul Website Toko online, Website Forum, Website Jejaring Sosial, Website berbagi file ( misalnya program, gambar ada lain-lain)

7.   HTML (Hyper Text Markup Language)

HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language,dalam arti umum,sebuah web adalah sebuah dokumen HTML,yang mana sebuah HTML itu sendiri merupakan bahasa yang menggunakaan tanda-tanda tertentu(Tag)untuk menyatakan kode-kode yang harus diterjemahkan oleh Browser,agar halaman dapat di tampilkan secara benar.
HTML sendiri,sebenarnya hanya dokument biasa,hanya dokumen ini dapat dilakukan untuk pemformatan text,peletakan object,maupun Hypertext yakni text yang berfungsi ganda sebagai penghubung (Link)antara halaman satu dengan yang lain. Nah!link inilah yang menjadi ciri sekaligus membentuk suatu www (Jaringan global antar text / halaman)

Penulis: Unknown

Artikel Website Artikel, diterbitkan oleh Unknown pada hari Jumat, 09 November 2012. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Unknown adalah Seorang Manusia yang selalu ingin menjadi lebih baik ,Karena Bila Anda berpikir Anda bisa,maka Anda benar. Bila Anda berpikir Anda tidak bisa, Anda pun benar… karena itu ketika seseorang berpikir tidak bisa, maka sesungguhnya dia telah membuang kesempatan untuk menjadi bisa

Posting Komentar - Back to Content

 
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Gunakan Google Chrome Atau Mozila Fire Fox Terbaru Untuk Melihat Tampilan Sempurna Blog Ini