Berkreasi

Sejarah dusun Gentungan



Dusun gentungan merupakan bagian dari desa kedungpoh, kecamatan Nglipar, Gunungkidul. Dusun gentungan berpenduduk kira-kira 500 jiwa, yang masing-masing terbagi dalam 4 RT. Tentang asal mula dusun Gentungan ini terbentuk, banyak orang sekitar yang belum mengetahui mengapa dusun ini dinamakan dusun gentungan. Mungkin hal ini terjadi karena penduduk terdahulu tidak pernah menceritakan nya kepada anak dan cucunya mengenai asal mula dusun gentungan.
Para penduduk dusun Gentungan ini paling banyak bekerja sebagai petani. Tetapi bagi mereka yang masih kuat untuk bekerja, biasanya mereka berjualan di pasar atau mengelilingkan dagangan mereka. Ada juga yang membuka usaha sendiri, misalnya bengkel atau warung-warung kecil di sekitar rumah penduduk itu sendiri. Tapi untuk saat ini banyak dari mereka yang mencari penghasilan ke kota-kota lain misalnya ke jakarta atau sekitarnya.

Dalam hal pendidikan para penduduk disini kebanyakan mereka sekolah hanya sampai tamat SD atau SMP saja. Hal ini mungkin terjadi karena keterbatasan biaya untuk menyekolahkan anak-anak mereka. Setelah tamat sekolah tersebut anak-anak disana kemudian melanjutkan untuk bekerja untuk menghidupi keluarga atau diri-nya sendiri. Tetapi untuk zaman yang sudah sangat maju seperti ini para orang tua mereka menyekolahkan anak-anak mereka hingga lulus SMK atau sederajat bahkan ada pula yang bisa menyekolahkan anak-anak mereka hingga perguruan tinggi.

Warga masyarakat di dusun Gentungan ini mayoritas beragam islam. Karena agama islam di wilayah ini memang sudah sangat lama mereka anut. Mungkin sejak puluhan bahkanratusan tahun yang lalu para masyarakat sudah menganut agama islam ini. Hal ini terbukti dengan bangunan-bangunan masjid yang didirikan disekitar rumah-rumah mereka.

Dusun Gentungan ini memang terdapat beberapa budaya yang masih diadakan oleh para warga disini. Mereka mengadakan nya setiap setahun sekali aatau pada waktu tertentu. Misalnya adalah acara Rasulan, Rasulan atau disebut juga dengan Bersih Desa ini diadakan oleh para warga disini setiap satu tahun sekali. Sebelum acara ini dimulai biasanya para warga mengadakan kondangan terlebih dahulu. Kata para warga disini  Hal ini bertujuan untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang mereka dapatkan pada tahun ini.

Kebanyakan penduduk dusun Gentungan ini memelihara binatang ternak. Misalnya yang sering di jumpai disini adalah Sapi, Kambing, Ayam dll. Binatang tersebut di banyak  jumpai karena  cepat menghasilkan keuntungan.

di zaman yang sudah sangat maju ini dan semakin meningkatnya perkembangan teknologi memberikan dampak yang sengat besar bagi dusun Gentungan ini. Misalnya HandPhone (HP), HP disini memang sangat berpengaruh bagi para penduduk di wilayah ini, karena untuk menghubungi keluarga atau saudara yang jauh dari mereka. Dan para warga disini rata-rata satu rumah basanya mempunyai satu buah sepeda motor atau lebih.

Penulis: Unknown

Artikel Sejarah dusun Gentungan, diterbitkan oleh Unknown pada hari Kamis, 30 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Unknown adalah Seorang Manusia yang selalu ingin menjadi lebih baik ,Karena Bila Anda berpikir Anda bisa,maka Anda benar. Bila Anda berpikir Anda tidak bisa, Anda pun benar… karena itu ketika seseorang berpikir tidak bisa, maka sesungguhnya dia telah membuang kesempatan untuk menjadi bisa

2 comments

5 Jun 2013, 19.04.00

nice post gan..bermanfaat banget buat pengalaman..
visit back gan by: yusuefarshablog.blogspot.com
don't forget visit and comment if visit back..

15 Jun 2013, 08.48.00

@yusuf thanks gan....

Posting Komentar - Back to Content

 
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Gunakan Google Chrome Atau Mozila Fire Fox Terbaru Untuk Melihat Tampilan Sempurna Blog Ini